Mengapa IPCV Scilab gagal dalam me-load dependencies yang dibutuhkan?

 

File IPCV_linux.sci

Rupanya penyebab gagalnya si scilab-6.0.2 dalam me-loaddependencies yang dibutuhkan oleh modul IPCV adalah karena ketika akan mengeksekusi file 'libopencv_world.so' selalu gagal. Kalau melihat pesan error dari scilabnya sih kesannya hal itu karena scilab gagal menemukan file 'libopencv_world.so' tsb. Padahal, file tsb ada pada folder aktif dimana perintah exec dijalankan. Nah jadi bingung kan?
 
Kemudian ketika saya coba link kan secara manual file tsb, barulah ketahuan bahwa ada package yang tidak ditemukan/belum terinstall, yaitu : libgtk-x11-2.0. Akhirnya dengan mengeluarkan jurus sudo berikut :
 
sudo apt-get install --reinstall libgtk2.0-0
 
berhasillah semua dependencies untuk modul IPCV di-load dengan sempurna ketika scilab start. 
 
Dengan begitu, sekarang scilab saya sudah bisa digunakan untuk memanipulasi image...Alhamdulillah

Scilab sudah berhasil me-load IPCV dan dicoba menjalankan fungsi imshow yang disediakan oleh IPCV

Nah bagi teman-teman yang mengalami hal serupa, yaitu IPCV gagal me-load  dependenciesnya, bisa jadi sumber masalahnya berbeda dengan yang saya alami. Pada intinya, hal itu terjadi karena ada package yang tidak ditemukan/belum terinstall. Untuk mengetahui package mana yang tidak ditemukan/belum terinstall, dapat dilakukan dengan me-link kan secara manual file 'libopencv_world.so', sehingga akan muncul pesan error yang menunjukkan package apa yang tidak ditemukan/belum terinstall.

Comments

  1. Daftar seri kuliah teori grup di channel youtube MMF Vlogs

    https://mmfvlogs.blogspot.com/2020/11/seri-video-kuliah-teori-grup-di-channel.html

    ReplyDelete

Post a Comment