Error saat booting setelah mengganti Debian 9 menjadi Linuxmint 17.3

Setelah mengganti debian 9 menjadi Linuxmint 17.3, ternyata muncul pesan error saat proses booting yang menandakan seolah-olah terjadi kegagalan dalam proses mounting /home. Memang saya meletakkan /home di partisi yang berbeda dengan root /.



Pada pesan error tsb, diberikan 3 pilihan yakni :

  • "I" (ignore)
  • "S" (Skip) 
  • "M" (Manual recovery)

Jika dipilih "I", maka proses booting berlanjut hingga tuntas. Tetapi jika dipilih "S", maka /home gagal di-mount sehingga proses booting menjadi gagal.

Usut punya usut, sepertinya munculnya error tersebut adalah karena bermasalahnya proses checking filesystem di /home oleh fsck. Jika proses checking tsb diabaikan, maka proses mount /home tetap dijalankan sehingga proses booting dapat berlanjut hingga tuntas. Tetapi jika di-skip maka proses mounting /home juga akan ikut di-skip yang berakibat proses booting menjadi gagal.

Sebagai solusi agar proses booting tetap berjalan normal tanpa muncul pesan error tsb adalah dengan memberikan option ignore fsck checking di file /etc/fstab. Untuk melakukan hal ini, ubah "2" pada kolom <pass> di baris UUID yang sesuai dengan /home menjadi "0". Alhamdulillah proses booting sudah berjalan normal tanpa dihentikan oleh pesan error apapun

Comments